Discussions

Rabu, 14 Desember 2016

Pendidikan Kerajinan Anyaman Bambu di Kab. Lombok Timur NTB Oleh Disperindag


Anyaman bambu atau kerajinan anyaman dari bambu merupakan salah satu jenis dari berbagai macam hasta karya yang anda di Indonesia. Di tambah lagi iklim tropis yang ada di Indonesia sangat mendukung perkembangan tanaman bambu yang. Sehingga ketersedian bahan baku untuk membuat anyaman dari bambu sangat melimpah. selain digunakan sebagai anyaman bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat-alat rumah tangga. Tapi bambu paling banyak dimanfaatkan sebagai anyaman. Anyaman bisa dibuat dari bahan yang hemat tapi bisa menghasilkan berbagai kerajinan tangan yang memiliki banyak manfaat dan juga nilai ekonomis yang tinggi.

Untuk mendukung kegiatan tersebut dan sehubungan dengan program kerja tahun 2016, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar berencana melaksanakan kegiatan pendidikan kerajinan Anyaman Bambu di Kab. Lombok Timur Prov. Nusa Tenggara Barat. Dalam hal ini Disperindag Kab. Banjar sebagai fasilitator dan sebagai wadah untuk membantu pengrajin dalam mengembangkan kreatifitasnya. Kegiatan tersebut akan di ikuti 9 peserta terdiri dari 4 orang pengrajin, 2 orang pendamping, dan 3 orang monitoring.

Pendidikan kerajinanan ini dirarapkan akan lebih menambah wawasan dan mengembangkan kreatifitas pengrajin dalam kerajinan anyaman bambu yang memiliki nilai estetika dan juga nilai jual yang tinggi.

Sumber: banjarkab